Artikel

Pengaruh Motivasi Peserta dan Layanan Widyaiswara terhadap Hasil Belajar Diklat di PPPPTK BMTI

Seksi Data dan Informasi | Minggu, 17 April 2016 - 00:52:55 WIB | dibaca: 941 pembaca


Oleh : 
Amos P. Buranda
Widyaiswara PPPPTK BMTI 

ABSTRAK


 

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu mutu sumber daya manusia. Mutu pendidikan ditentukan oleh banyak faktor antara lain : tenaga kependidikan, prasarana dan sarana, biaya dan lain-lain.
Komponen lebih banyak berperan adalah tenaga kependidikan yang bermutu yaitu yang mampu menjawab tantangan-tantangan dengan cepat dan bertanggung jawab.
Menghadapi tantangan seperti itu , maka  para guru  sebagai  makhluk  pembelajar harus terus belajar sepanjang hayat dan piawai mengikuti kemajuan jaman tersebut terutama dalam memanfaatkan kemajuan sain dan teknologi  untuk keperluan menjalankan tugas mendidik ,melatih dan mengajar murid-muridnya disekolah atau ditempat lainya. Banyak cara yang bisa dilakukan para guru untuk mengikuti kemajuan tersebut salah satu diantaranya adalah dengan Pendidikan dan latihan (Diklat ).
Menilik akan banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan pendidikan dan latihan ini maka selayaknya tiga pilar kediklatan, yaitu penyelenggara, widyaiswara dan peserta diklat dalam kondisi ideal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya pengaruh motivasi peserta dan layanan widyaiswara terhadap hasil diklat di PPPPTK BMTI Bandung. Penelitian ini berupaya menjawab permasalahan melalui analisis dan korelatif. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian yaitu konsep motivasi peserta diklat dan layanan widyaiswara. Pendekatan yang ditempuh untuk menjawab permasalahan adalah melalui pendelatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran angket, studi dokumentasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random dari polulasi peserta diklat alih fungsi periode november – desember 2011, untuk uji coba instrumen dilakukan kepada 28 peserta diklat alih fungsi periode september – oktober 2010. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi peserta dan layanan widyaiswara terhadap hasil diklat. Dari uji korelasi dan uji t diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi peserta dengan hasil diklat (r=0,988, kategoti sangat kuat). (2) ) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara layanan widyaiswara dengan hasil diklat (r=0,610, kategoti cukup kuat). (3). ) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi peserta dan layanan widyaiswara secara bersama-sama dengan hasil diklat (r=0,988, kategoti sangat kuat).
Kata kunci : Motivasi, Layanan Widyaiswara, Hasil belajar.

Artikel lengkap dapat diunduh disini










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)