Artikel

Penerapan Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Terapan pad

Seksi Data dan Informasi | Minggu, 17 April 2016 - 01:07:22 WIB | dibaca: 655 pembaca


Oleh : Wiyoto
Widyaiswara PPPPTK BMTI 

ABSTRAK


 

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika terapan pada diklat Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMK di P4TK-BMTI, sekaligus menemukan langkah-langkah penerapan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran matematika terapan. Dengan maksud itu diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika terapan yang dilaksanakan pada diklat di P4TK-BMTI. Hipotesis yang dibuktikan dalam penelitian adalah “pembelajaran kontekstual dengan penjelasan langsung dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika terapan pada diklat guru matematika SMK di PPPPTK-BMTI”.
            Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada 24 peserta diklat Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMK di PPPPTK-BMTI tahun 2014 dengan dua siklus. Pembeda tindakan yang dirancang ialah belajar kelas-bengkel dan belajar bengkel-kelas, untuk mendapatkan data nilai pre tes, post tes, dan intrumen pengamatan pada setiap siklus.  Pengolahan data dilakukan dengan membandingkan peningkatan nilai pre tes dan post tes dari setiap siklus untuk menentukan efektivitas pembejaran, serta menganalisis hasil data isian intrumen pengamatan untuk menentukan kriteria  interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, aktif, kreatif dan mandiri pada pembelajaran. 
            Efektivitas pembelajaran pada siklus I (belajar kelas-bengkel) mencapai angka 39,2 dan efektivitas pada siklus II (belajar bengkel-kelas) mencapai angka 42,1, sehingga disimpulkan bahwa, pembelajaran pada siklus II lebih efektif dibanding pembelajaran pada siklus I, karena memiliki nilai kemajuan belajar yang lebih tinggi. Kriteria  interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, aktif, kreatif dan mandiri pada pembelajaran dari kedua siklus diperoleh pernyataan cukup tinggi, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual memenuhi kriteria interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, aktif, kreatif dan mandiri pada pembelajaran matematika terapan.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, efektivitas, belajar bengkel-kelas

Artikel lengkap dapat diunduh disini










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)